Komunitas Seni dan Cagar Budaya Melayu Kepri Adakan Lomba Pantun

  • Bagikan

BATAM, hallopost.com – Indonesia beragam tradisi yang di dasari dari adat istiadat yang patut untuk pertahankan dan dilestarikan, kali ini Perkumpulan Komunitas Seni dan Cagar Budaya Melayu Kepulauan Riau (KSCBM) akan adakan penyelenggaraan lomba cipta karya pantun online tingkat pelajar se-Kota Batam untuk yang pertama kalinya di tahun 2021 ini.

Pantun merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang perlu diapresiasi dan dilestarikan. Maka melalui Lomba Cipta Karya Pantun Online 2021 ini, generasi muda diajak untuk mengekspresikan kepedulian mereka tentang Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau melalui pantun.

“Lomba cipta karya pantun online ini kami selenggarakan untuk meningkatkan minat dan bakat siswa/i pada bidang seni serta melestarikan Warisan Budaya Melayu khususnya di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau” ujar Khairul Ketua KSCBM Kepri di Kota Batam pada Rabu (29/09/2021).

BACA JUGA  PSHT Ranting Batu Aji Batam Uji Kenaikan Tingkat

Peserta yang dimaksud adalah pelajar dari tingkat SMP, SMA/SMK sederajat se-Kota Batam dan pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis.

Peserta juga dapat memilih salah satu dari tema pantun yakni cinta Batam, pesona Batam, pendidikan, pariwisata, kuliner, melawan corona, motivasi atau semangat, lingkungan hidup dan pergaulan.

“Seiring dengan perkembangan zaman serta pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, kita melihat kurangnya kesadaran, minat dan perhatian siswa/i untuk mengenal lebih jauh pengetahuan tentang pantun yang merupakan seni dan budaya asli milik Indonesia yang semestinya kita lestarikan,” kata Khairul.

Menurut Khairul, pantun merupakan sebuah tradisi yang sudah sering dilakukan dalam sebuah acara di daerah-daerah di Indonesia. Sebagai warisan budaya Indonesia, kami ingin pantun terus untuk digaungkan agar pantun tidak hilang dari budaya kita.

BACA JUGA  Wali Kota Batam Hadiri Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Ahmad Surya

Ia juga menjelaskan teknis pendaftaran dan waktu mulai pengiriman hingga batas akhir pengiriman peserta yang mengikutinya nanti.

“Peserta diharapkan mendaftar melalui tautan yang sudah disediakan di fanspage Facebook Pecinta Seni Dan Cagar Budaya Melayu Kepulauan Riau. Pengiriman video dilakukan mulai 15 Oktober 2021 hingga 15 November 2021,” jelasnya lagi.

Tidak sampai disitu saja, Khairul juga turut menjelaskan hadiah yang diraih pemenang nantinya.

“Pemenang mendapatkan uang cash, piala dan e-sertifikat. Mari peserta lomba semangat untuk jadi pemenang serta rebut hadiahnya dan selamat berlomba” tutup Khairul. (FERDS)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *